Kriteria Membangun Data Center di Indonesia

Dalam dunia teknologi, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah data center atau pusat data. Pusat data atau yang lebih trend dengan nama data center adalah sebuah ruangan yang didesain dengan khusus dan sedemikian rupa sebagai tempat untuk meletakkan server komputer serta perangkat-perangkat jaringan komputer yang mana semuanya tersambung ke dalam jaringan internet. Pada umumnya, data center ini bisa digunakan oleh siapapun. Namun di Indonesia sendiri pusat data ini baru dimaksimalkan manfaatnya oleh perusahaan-perusahaan berskala multinasional serta pemerintahan saja. Karena digunakan sebagai tempat untuk meletakkan komputer server yang mana menyimpan data-data dari pemiliknya yang juga pasti sangat penting, pembuatan data center juga tidak boleh sembarangan. Ada kriteria khusus yang harus diterapkan dalam pembangunannya agar data yang diletakkan di dalamnya terjamin aman dan juga mudah diakses.

NEX

Kriteria Membangun Data Center
Dalam membangun sebuah pusat data, diperlukan beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria-kriteria tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Lokasi di Wilayah yang Aman
    Dalam membangun sebuah pusat data, lokasi yang aman adalah faktor yang paling penting. Maksudnya aman adalah terhindar dari ancaman bencana alam seperti longsor, banjir, gempa bumi bahkan aman dari gangguan demo yang bersifat anarkis. Hal ini tentu terkait juga dengan fungsinya yang menjadi tempat menyimpan data-data penting dari penggunanya yang notabene adalah perusahaan-perusahaan besar dan juga pemerintahan. Data center juga membutuhkan pendinginan yang lumayan besar. Maka dari itu lokasi pembangunan data center juga harus memperhatikan ketersediaan air tersebut. Ketersediaan air yang cukup akan membantu menghemat biaya pembangunan dan pengelolaan tanpa harus mengorbankan mutu layanan untuk penggunanya. 
  2. Memiliki Kehandalan Tinggi
    Selain lokasi yang aman, data center juga harus memiliki kemampuan yang handal, baik dalam hal penyimpanan maupun aksesnya. Kemudahan akses menjadi penting karena pengguna pasti butuh untuk mengakses data-data yang ada di dalam komputer servernya. Oleh karena itu, jaringan internet fiber optiknya juga harus memiliki kecepatan akses yang mumpuni. Selain itu kemampuan mengatur efisiensi pada jaringan internetnya juga menjadi faktor yang berpengaruh dalam kehandalan data center tersebut.
  3. Skalabilitas yang Baik
    Yang terakhir yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah data center adalah skalabilitasnya. Skalabilitas ini meliputi fleksibilitas dan kemudahan dalam menetapkan skala untuk penggunaan servernya. Desain data center yang tepat tentu akan memberikan efisiensi bagi penggunanya. Dengan begitu, pengguna dapat memilih perangkat data center yang akan digunakan guna mendukung fleksibilitas dan skalabilitas dalam penggunaannya agar lebih cepat dan tepat. 

Indonesia sendiri sudah memiliki beberapa pusat data yang dibangun di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah NEX Datacenter yang terletak di Jakarta. Sebagai sebuah tempat yang difungsikan untuk menyimpan komputer server dan jaringan komputer, data center tentu memiliki peranan yang sangat besar. Apalagi jika yang disimpan di dalam komputer server adalah data-data penting dari pemerintah atau dari perusahaan besar. Karena itu, dalam membangun pusat data ini kriteria data center yang sudah disebutkan tersebut harus dipenuhi untuk menjamin keamanan data di dalamnya serta kemudahan untuk mengaksesnya. 

0 Response to "Kriteria Membangun Data Center di Indonesia"

Post a Comment

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan