http://www.kangazis.com/search/label/BLOG

Tempat-Tempat Wisata Paling Eksotik Dan Menakjubkan Di Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur, sebuah provinsi yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, di bagian barat pulau Timor.

Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasa dipanggil Timor).

Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpan Banyak Tempat-Tempat Wisata Menakjubkan yang Alami, dari mulai Pantai, Danau, Keindahan Bawah laut dan sebagainya.
Jika anda merencanakan Liburan, NTT bisa menjadi piliha liburan Anda, Berikut ini Kami Infokan Beberapa Tempat Liburan Paling Menakjubkan di Nusa Tenggara Timur.

1. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo
Dimulai dari Taman Nasional Komodo,taman yang sudah terkenal diseluruh Dunia karena masuk daftar Keajaiban Dunia, Ada keindahan yang menantimu di sini, belum lagi kekayaan biota bawah airnya. Sementara di atasnya terpampang pulau-pulau indah berpasir putih dan yang berpasir merah muda yang sangat indah saat disapa matahari.

Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies langka yang hampir punah, hanya dapat kamu temukan di Taman Nasional Komodo. terdapat Banyak sekali spesies Komodo, Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986.

Terdapat Padang Rumput dan Hutan Savana yang luasnya mencapai kurang lebih 70% dari luas Taman Nasional Komodo. Tumbuh berbagai jenis rumput di antaranya; Setaria adhaerens, Chloris barbata, Heteropogon contortus, Themeda gigantea dan Themeda gradiosa yang diselingi oleh pohon lontar (Borassus flobellifer) yang merupakan tumbuhan khas dari Tempat ini.

Selain itu,terdapat Lokasi menyelam terbaik di sekitar Pulau Komodo antara lain Pantai Merah, Batu Bolong, Tatawa Besar, Batu Tiga dan Manta Point (lokasi melihat manta). Selain manta, di pulau Komodo penyelam dapat melihat berbagai jenis ikan lain mulai ikan badut, hiu karang, penyu, hingga barakuda. Pulau komodo pun memiliki keanekaragaman topografi bawah laut mulai dari reef flat hingga wall. ini cocok untuk para penyelam yang sudah mahir karena arusnya cukup kuat.

2. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu
Danau Kelimutu ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.
Para penduduk di sekitar Danau Kelimutu percaya, bahwa pada saat danau berubah warna, mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang - orang yang telah meninggal.

Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

Untuk mencapai lokasi danau, Kamu dapat memulai dari Moni, kota kecil yang merupakan basecamp para backpacker. Pemandangan disepanjang jalan menuju lokasi danau sangatlah indah. Danau yang paling timur disebut Tiwu Ata Polo atau ‘danau untuk jiwa-jiwa untuk orang yang selalu melakukan kejahatan. Danau yang berada ditengah disebut danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai atau ‘danau untuk jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau paling barat bernama Tiwu Ata Mbupu yang berarti ‘danau jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. Mau Kesana? Ini Menakjubkan.

3. Alor

Alor
Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar. Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.

Pulau Alor selain memiliki keindahan Alam yang dapat dilihat secara langsung didaratan dan dipantai, juga memiliki keindahan Alam dibawah laut berupa ikan-ikan langka nan indah serta karang dan tumbuhan-tumbuhan laut yang begitu mempesona.
Alor menyimpan daya tarik alam, budaya, dan sejarah yang diminati para petualang, peneliti, dan tentunya wisatawan. Meski akses masih terbatas (umumnya dari Kota Kupang dengan pesawat atau kapal laut) tetapi itu tidak menyurutkan minat untuk menjelajahi keistimewaan dan keindahannya. Salah satu keunikan pulau ini adalah ditemukannya banyak moko (benda pusaka).

4. Pink Beach ( Pantai Merah )

Pink Beach Komodo island
Melihat ombak menyapu pasir pantai dengan birunya air laut pasti sudah biasa, namun bagaimana dengan pasir yang berwarna Pink? ini sungguh spesial. Inilah salah satu keindahan yang dapat Anda temukan di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pink Beach atau Pantai Merah adalah satu dari 7 saja pantai berpasir merah muda yang ada di dunia.

Dinamakan Pink Beach karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink). Masyarakat lokal lebih suka menyebutnya Pantai Merah, sedangkan wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach. Warna pink yang lembut tampak kian jelas terutama saat pasir tersapu ombak.

Kehidupan Bawah lau di Pink Beach juga mengagumkan, aman bawah laut Pink Beach adalah rumah bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya yang cocok dijadikan tempat snorkeling atau diving.
Baca : 7 Lokasi Diving paling Keren Di Indonesia

Selain ke empat tempat tersebut, masih banyak tempat tempat wisata paling menakjubkan di Nusa Tenggara Timur, berbanggalah menjadi warga Indonesia.

5 Responses to "Tempat-Tempat Wisata Paling Eksotik Dan Menakjubkan Di Nusa Tenggara Timur"

  1. NTT memiliki pesona wisata alam yang sangat menarik, keindahan alamnya membuat siapa saja pasti jatuh hati, Pantai Merah yang sangat mempesona. Mantab.

    ReplyDelete
  2. Betul sekali, alam Alor di NTT sangat sangat indah, dan saya sudah tinggal di Kalabahi kabupaten Alor sudah 10 bulan sejak September 2015, selalu putar-putar keliling Alor untuk diabadikan sebelum kembali ke Tanah Jawa

    ReplyDelete

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan