http://www.kangazis.com/search/label/BLOG

Rekomendasi, 7 Lokasi Diving Paling Keren Di Indonesia

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar tak bisa dipungkiri kalau memiliki wisata alam pantai yang berlimpah, spot-spot diving pun tersebar dipenjuru negeri. kekayaan bawah laut indonesia yang menakjubkan menjadi tujuan utama para pecinta diving dalam negeri maupun luar negeri, mulai dari spot diving untuk kelas expert sampai kelas pemula semua ada. Jika Anda pecinta diving, berikut ini kami rekomendasikan 7 Tempat Diving/Menyelam Paling Keren di Indonesia yang wajib Anda coba satu persatu.

7 Lokasi Diving Paling Keren Di Indonesia

1. Karimunjawa, Jawa Tengah
Karimunjawa menjadi tempat wisata yang lagi populer saat ini, keindahan alam yang luar biasa dengan pantai yang menakjubkan menjadikan para wisatawan ingin mengunjunginya, terutama para pecinta Diving, dikarimunjawa terdapat banyak spot Diving yang keren dengan pemandangan bawah laut yang kaya raya.

Kepulauan Karimunjawa memiliki sedikitnya 30 lokasi penyelaman. Kedalamannya antara 5 – 40 meter, dengan jarak pandang antara 5 – 25 meter dan arus yang bervariasi. Pesona bawah lautnya antara lain tutupan terumbu karang yang cantik, berbagai jenis satwa laut seperti Ikan Napoleon, Penyu Sisik, Penyu Hijau, dan lebih dari 200 spesies ikan hias ada di laut karimunjawa. Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan dengan jumlah 27 pulau, yang terletak di Laut Jawa, termasuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa pun ditetapkan menjadi Taman Nasional sejak 15 Maret 2001. jadi anda ingin mencobanya?

2. Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT)
Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar. Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.

Pulau Alor selain memiliki keindahan Alam yang dapat dilihat secara langsung didaratan dan dipantai, juga memiliki keindahan Alam dibawah laut berupa ikan-ikan langka nan indah serta karang dan tumbuhan-tumbuhan laut yang begitu mempesona. Terdapat lebih dari 30 Spot Diving yang ada di Pulau Alor dengan keindahan yang berbeda-beda. diantaranya 18 Spot Diving terkenal berikut ini : 1. Baruna’s Point 2. Never – Never wall 3. Cave Point 4. Barrel Sponge Wall 5. Mola – mola Point 6. Night Snacks 7. Alor Expree / Alor Dreaming 8. Rocky Point 9. Three Coconuts 10. Moving Pictures 11. Eagle Ray Point 12. Rahim’s Point 13. Tuna Channel 14. Anemone Country 15. Sharks Reeway 16. Octopus Garden 17. Captain’s Choice 18. The Refrigerator. tertarik ingin Diving di Alor? pastinya anda tertarik.

3. Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Wakatobi terletak di selatan pulau Sulwesi dan terdiri dari pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi pun ditetapkan menjadi salah satu Taman Nasional sejak 1996. The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), menetapkan Wakatobi sebagai Cagar Biosfer Dunia. Wakatobi merupaka Surga bawah laut yang sangat indah. tedapat banyak sekali spot diving di taman nasional Waktobi ini.

Pariwisata bahari adalah aktivitas wisata yang sudah lama dikenal dan merupakan pariwisata andalan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Kekayaan biota laut ini tidak lain karena hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni seperti bentuk slop, flat, drop-off, atoll, dan gua bawah air.

Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili, antara lain Acropora formosa, A Hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta, Merulina ampliata, Platygyra versifora, Euphyllia glabrescens, Tubastraea frondes, Stylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, dan Sinularia spp tinggal harmonis bersama penghuni bawah laut lainnya. membuat pemandangan dibawah laut yang indah

Kekayaan ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis. Di antaranya, Cephalopholus argus, takhasang (Naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), napoleon (Cheilinus undulatus), ikan merah (Lutjanus biguttatus), baronang (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chaetodon specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio caerularea, dan lain-lain.

4. Bunaken, Sulawesi Utara
Setelah wakatobi Sulawesi tenggara, kita menuju utara sulawesi yaitu Bunaken.
Bunaken terletak di teluk Manado. Wilayah ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Bunaken dan Taman Laut Bunaken. Taman Laut Bunaken layak disebut sebagai taman laut terindah di dunia karena keanekaragaman biota laut mulai dari terumbu karang, ikan duyung, lumba-lumba, ikan purba choelacanth dan berbagai jenis ikan hias lainnya. Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.

Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

5. Raja Ampat, Papua
Dari Sulawesi kita menuju Papua, Raja Ampat sebuah destinasi wisata laut yang sangat indah dengan banyaknya spot diving yang menjanjika keindahan bawah laut. Raja Ampat merupakan salah satu taman laut terindah di Indonesia bahkan dunia dan merupakan bagian dari Suaka Margasatwa Kepulauan Raja Ampat. Di raja ampat terdapat 537 spesies terumbu karang (75 % dari total spesies terumbu karang di dunia), lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska. Lokasi menyelam terbaik di Raja Ampat antara lain Mansuar Island, Chicken Reef (gugus terumbu karang dengan arus kuat di atas tapi tenang di dalam), Mike’s Point, Manta’s Point (Pulau Arborek), Blue Magic, dan lainnya. Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Pari Manta yang jinak.

6. Derawan, Kalimantan Timur
Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para pecinta Diving kelas dunia. Selain itu terdapat sekitar 28 spot penyelaman terbaik lainnya.

Terumbu karang di Kepulauan Derawan tersebar luas pada seluruh pulau dan gosong yang ada di Kepulauan Derawan. Gosong-gosong yang ada di kepulauan ini diantaranya Gosong Pulau Panjang, Gosong Masimbung, Gosong Buliulin, Gosong Pinaka, Gosong Tababinga dan Gosong Muaras.

Tipe terumbu karang di Kepulauan Derawan terdiri dari karang tepi, karang penghalang dan atol. Atol inilah yang telah terbentuk menjadi pulau dan terbentuk menjadi danau air asin

7. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Lokasi menyelam terbaik di sekitar Pulau Komodo antara lain Pantai Merah, Batu Bolong, Tatawa Besar, Batu Tiga dan Manta Point (lokasi melihat manta). Selain manta, di pulau Komodo penyelam dapat melihat berbagai jenis ikan lain mulai ikan badut, hiu karang, penyu, hingga barakuda. Pulau komodo pun memiliki keanekaragaman topografi bawah laut mulai dari reef flat hingga wall. ini cocok untuk para penyelam yang sudah mahir karena arusnya cukup kuat.

Pulau Komodo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi NTT. Bersama dengan Pulau Rinca, dan Pulau Padar (serta beberapa pulau kecil), ditetapkan menjadi Taman Nasional sejak tahun 1980 dan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1991.

Bagaimana? tertarik mencoba semua Spot diving di Negeri kita tercinta ini, sebenarnya masih banyak spot lain yang tidak kalah bagus, tapi 7 Lokasi Diving ini yang kami Pilih. semoga bermanfaat sebagai reverensi anda.

0 Response to "Rekomendasi, 7 Lokasi Diving Paling Keren Di Indonesia"

Post a Comment

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan