http://www.kangazis.com/search/label/BLOG

Android Kitkat vs Android Lollipop, Mantab Yang Mana??

Tahukah kamu Android Kitkat Ternyata lebih mantab dibanding dengan Android terbaru Lollipop lho, kenapa bisa??
Meskipun Android Lollipop sebagai Android terbaru Google saat ini namun Android Lollipop tidak seutuhnya sempurna. Bahkan di beberapa sisi, OS pendahulunya, KitKat, masih diklaim jauh lebih baik.
Untuk yang sudah Familier dengan Android KitKat, beberapa fitur baru Android yang dihadirkan oleh Google bisa terlihat mengganggu dan tidak jarang membingungkan. Hal-hal tersebut pada akhirnya justru membuat Lollipop tidak lebih baik dari KitKat.
Lalu apa saja Alasan Android Kitkat Lebih Mantab dari Android Lollipop, mari kita lihat 7 Alasan Android Lollipop tidak lebih baik dari Kitkat berikut ini dikutip dari smartponsel.com:

7 Alasan Android KitKat Lebih Mantab Daripada Android Lollipop

Fitur - fitur yang membuat Permen Lollipop kalah dengan Coklat Kitkat
  1. Konsep Material Design Berlebihan - kenapa dibilang berlebihan ? Sejak memunculkan tampilan dengan konsep Material Design, banyak tampilan aplikasi Android yang terlihat lebih menarik dan simpel. Namun, banyak yang berpendapat Lollipop membawa konsep Material Design terlalu jauh. untuk membuka toggle atau pengaturan cepat, pengguna harus menyapukan jari dari atas ke bawah di layar utama dua kali. tapi Semua tergantung penilaian masing-masing. 
    7 Alasan Android KitKat Lebih Mantab Daripada Android Lollipop
  2. Tampilan Shortcut Aplikasi Dibuka Penuh - Di Android KitKat, tampilan aplikasi yang sedang Anda buka dapat dilihat dengan nyaman dan tertata rapi. Sayangnya hal tersebut tidak ditemukan di Lollipop.
    Jika membuka aplikasi terlalu banyak, Anda akan menemukan 'tumpukan' shortcut aplikasi bagaikan tumpukan kartu remi. Bahkan, pada beberapa kasus terdapat dua shortcut dari aplikasi yang sama.
    Tampilan Shortcut Aplikasi Dibuka Penuh

    Parahnya, berbeda dengan Android Cyanogen, tidak ada tombol untuk menutup semua kartu shortcut tersebut secara bersamaan. Akibatnya, Anda harus menutup satu per satu shortcut tersebut semisal ingin meringankan kerja memori smartphone.
  3. Hilangnya Fitur Silent - Dari zaman ponsel Biasa hingga smartphone, fitur silent atau 'diam' hampir selalu dipakai oleh pengguna. Di Android Lollipop, Anda tidak akan menemukan fitur tersebut.
    Yang Anda temukan adalah mode 'Priority' yang dapat membuat smartphone diam selama jangka waktu tertentu. Tetapi tetap saja banyak pengguna yang ternyata memasang aplikasi pihak ketiga yang membuat smartphone mampu menampilkan mode silent.
  4. Widget Saat/di Lockscreen Menghilang - keberadaan widget atau tampilan mini aplikasi penting bagi sebagian besar pengguna, terutama widget yang terdapat di layar kunci alias lockscreen.

    Namun, widget pada lockscreen dihilangkan oleh Google di Lollipop. Lockscreen Lollipop terlihat kosong dan hampa. Jika Anda termasuk pengguna yang suka mengganti lagu melihat SMS lewat widget, Anda pasti akan lebih memilih KitKat.
  5. Tombol On/Off Hampa - Jika menekan tombol on/off di Jelly Bean atau KitKat Anda bisa menemukan opsi 'matikan daya' hingga hingga mode pesawat, di Lollipop Anda hanya bisa melihat 'power off' atau matikan daya.

    Hal ini memang sejalan dengan Google dan vendor smartphone yang diklaim bakal menghilangkan tombol on/off pada smartphone di masa depan. Tetapi bagi banyak pengguna, mereka menginginkan pilihan opsi yang lebih banyak saat menekan tombol on/off.
  6. Lampu Notifikasi Mati saat Mode Diam - Karena mode diam atau silent menghilang di Lollipop, fungsi lampu notifikasi di smartphone menjadi terpengaruh. Lampu notifikasi smartphone Anda tidak akan menyala saat suara smartphone dimatikan.
    Bisa dibayangkan bila pengguna bakal melewatkan banyak notifikasi penting dari beragam aplikasi akibat hal tersebut.
  7. Masih Banyak Bug Berkeliaran -  Mungkin hampir semua sistem operasi tidak akan lepas dari bug atau kesalahan sistem. Tidak mengherankan bila vendor smartphone atau Google terus memberikan update.
    Nah, karena tergolong OS Android baru, Lollipop masih mempunyai banyak bug yang belum di perbaiki oleh Google. Salah satu bug yang sempat menghantui Lollipop adalah masalah Wi-Fi saat smartphone terkena cahaya matahari.
Nah itu tadi 7 Alasan Android Kitkat Lebih Mantab dari Lollipop, akan tetapi sekarang sudah ada perbaikan di update Lollipop terbaru. semua tergantung juga si pemakai lebih memilih yang mana, sebagian ada yang suka Lollipop dan ada juga yang lebih memilih KitKat. kalau saya masih setia Jellybean

9 Responses to "Android Kitkat vs Android Lollipop, Mantab Yang Mana??"

  1. Oh iya gan mau nnya. Kalo Xiaomi Redmi 1S itu bisa d upgrade ke Android KitKat gak yah..?

    ReplyDelete
  2. Mantab info nya gan.. ane suka sama gaya bahasa nya.. sukses terus !!

    ReplyDelete
  3. Menarik Sekali Gan Pembahasannya Kebetulan Saya Lagi Nyari Nyari Info Android Hanya Sebagai Review Nanti Kalau Udah Ada Bazetnya SayaMau Beli Hehehe

    ReplyDelete
  4. Saya milih kitkat, karena masih os jellybean,, he

    ReplyDelete
  5. Hmmm penghilangan beberapa fitur tersebut mungkin akan berdampak negatif bagi sebagian orang, tapi sebenarnya Google juga telah memikirkan hal tersebut secara matang-matang. Namun kita saja yang belum terbiasa dengan adanya penghilangan tersebut.

    ReplyDelete
  6. kalo saya pilih yang paling baru aja biar lebih cepet, setiap mengeksekusi menunya.

    ReplyDelete
  7. Saya kurang mengerti dgn penjelasan di atas kebetulan saat ini saya pake yg lolipop kaya nya ok ok aj gak ad yg susah... Yah emang tergantung sih..

    ReplyDelete

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan