Fungsi dan Kegunaan Menu-Menu pada Dashboard Blogger

 Fungsi dan Kegunaan Menu-Menu pada Dashboard Blogger

kangazis.com Melanjutkan Postingan saya sebelumnya tentang Cara Membuat Blog Di Blogger, Kali ini sesuai Janji saya, saya akan share Fungsi Menu-Menu yang ada di Dashboard Blogger, semoga dapat bermanfaat bagi Sobat yang baru pertama kali membuat Blog di Blogger. Sebelumnya sudah saya berikan deskripsi singkat tentang menu-menu di dashboard Blogger di postingan sebelumnya, namun kali ini akan lebih saya perjelas Fungsi dan Kegunaan Menu-menu di Dashboard Blogger tersebut. Sebelumnya lihat Gambar berikut ini :

Fungsi Menu-Menu pada Dashboard Blogger


digambar di atas sudah saya kasih nomor-nomor urut pada masing-masing Menu di dashboard Blogger, dan akan saya jelaskan secara urut dari nomor 1 sampai nomor 12. silahkan disimak sob.


1. Lihat Blog / View Blog : Untuk melihat tampilan Blog sobat di Browser. apabila sobat klik maka akan membuka alamat blog sobat di tab baru pada Browser Sobat.

2. Entri Baru / New Post: Untuk membuat Postingan atau Artikel Baru pada Blog Sobat untuk di plubikasikan.

3. Ikhtisar / Overview : Tampilan Statistik blog Terbaru, untuk memantau pengunjung blog kita.

4. Pos / Posts : Untuk melihat Postingan yang sudah di publikasikan ataupun yang masih dalam daftar atau belum di publikasikan, melalui menu ini sobat dapat mengedit postingan-postingan lama ataupun baru.

5. Laman / Pages : Seperti halnya Post. disini untuk membuat ataupun mengedit serta melihat Laman atau Halaman yang akan maupun sudah kita Buat.

6. Komentar / Comments : Untuk melihat Komentar dari pengunjung yang masuk di blog kita, dimenu ini ada 3 sub menu yaitu :


Publised : Komentar yang sudah di Publikasikan

Awaiting Moderation / menunggu moderasi : melihat Komentar yang antri menunggu di publikasikan

Spam : Melihat Komentar Spam yang tidak berguna

7. Google + : Untuk mengkoneksikan Blog dengan akun Google+ Sobat. disini kita bisa mengatur Otomatis Postingan kita share di Google+ setiap kali kita Posting baru, atau Notifikasi Untuk Share Postingan di Google + dan juga menggunankan / mengaktifkan Google + comment pada Blog .

8. Statistik / Stats : Melihat Riwayat Blog kita sepanjang waktu dari awal blog di buat sampai saat ini, ada 4 submenu di Statistik ini:


Ikhtisar/Overviews : Tampilan awal statistik terbaru blog kita

Post : Statistik setiap judul postingan kita, kita bisa mengetahui sudah berapa banyak yang melihat setiap judul postingan kita atau jumlah Page views masing-masing Judul.

Sumber lalu lintas / traffic Source : Melihat Dari situs mana pengunjung blog kita datang. 

Audience / pemirsa : Melihat dari negara mana yang mengunjungi situs kita serta menggunakan Browser apa dan juga Operating Sistem apa yang digunakan buat mengunjungi Blog kita

9. Kampanye / Campaigns : untuk mempromosikan Blog kita melalui Iklan di google atau Google adwords, tools ini baru saja di launcing bulan Juli.

10. Tata Letak atau Layouts : Melihat serta mengedit tata letak Blog kita, disini kita bisa manmbahkan Widget pada blog kita maupun memindah posisi widget pada Blog kita.

11. Template : Untuk mengatur Template kita , membackup maupun restore template kita, mengubah sesuaikan tampilan template blog, serta mengaktifkan maupun menonaktifkan tampilan mobile template blog. dan Mengedit HTML template kita.

12. Setelan / Setting : Untuk mengatur blog Kita, disini ada beberapa sub menu


Basic : mengatur Judul Blog, Deskripsi, privasi blog, Pengelola Blog , serta pembaca Blog kita.

post dan Comments : mengatur jumlah Post yang akan kita tampilkan di laman utama, mensetting komentar yang masuk. dll

Mobile and Email : mengatur email admin dan notifikasi

Language and Formating : mengatur bahasa dan juga Format Waktu meliputi tanggal dan jam.

Search Preference : mengatur meta tag blog kita, custom page dan redirect serta Indexing dan Crawl blog kita dengan custom robots.

Other : tools tambahan untuk export atau import blog kita dan juga mengatur Url Open ID serta Konten dewasa dll.

Segitu saja yang dapat saya jelaskan tentang Fungsi Menu pada Dashboard Blog. untuk lebih detai dan lebih jelasnya lebih baik di praktekan sendiri dengan mencoba-coba fungsi menu tersebut. pastinya dengan adanya menu tersebut untuk memudahkan kita mengelola Blog kita. Terimakasih dan semoga bermanfaat. jangan lupa baca artikel yang lain dan tinggalkan komentar sobat. Salam Blogger Indonesia.

Baca Juga
Posting Komentar