Cara Membuat Blog Dengan Mudah di Blogger

Cara Membuat Blog di Blogger

Blogger merupakan sebutan bagi seorang yang kesehariannya nge-Blog, atau bisa dikatakan penulis atau jurnalis yang mencatat berbagai informasi dalam sebuah blog, baik berupa blog pribadi maupun kelompok, dalam aneka kategori pembahasan, sementara Blogger.com adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL <source:wikipedia.org>

Blogger

Nah Pertanyaannya sekarang, Bagaimana cara membuat Blog?? Cara Membuat Blog disini ada banyak jenisnya, yang akan saya bahas kali ini yaitu Cara Membuat Blog di Blogger. Sebenarnya penyedia layanan Blog Gratis ada banyak selain Blogger.com ada wordpress , WyWapBlog, Tumblr dan masih banyak lagi. Namun yang akan saya bagikan disini adalah Cara Membuat Blog di Blogger. karena Blogger yang paling terkenal dan user friendly menurut saya pribadi. ok langsung saja ke TKP


Langkah-Langkah Membuat Blog

 Sebelum membuat Blog sebaiknya Anda siapkan dulu Judul blog atau Tema untuk Blog Anda nantinya dan juga alamat url Blog yang akan Anda pakai

  • Buat Akun Gmail atau Akun Google

Apabila sobat sudah mempunyai akun Gmail maka langsung saja login ke blogger.com menggunakan akun Gmail sobat. Perlu diketahui bahwasanya 1 akun Gmail dapat digunakan di semua produk Google. apabila belum punya akun Gmail maka:


Cara daftar BlogCara daftar Blogger

Setelah Anda klik Create an Account maka akan muncul seperti Gambar nomor 2, selanjutnya Anda isi data-datanya dengan lengkap. saya rasa anda sudah mahir dengan masalah daftar-daftar seperti ini jadi tidak usah saya jelaskan panjang lebar. setelah selesai mengisi klik next step dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

 apabila sudah mempunyai akun Gmail, abaikan langkah ke dua di atas.

Setelah selesai daftar Gmail tadi kembali lagi ke Blogger.com atau sudah di halaman Blogger.com langsung saja Sign in menggunakan akun yang barusan anda buat tadi. masukkan Emai dan password lalu klik Sign in. maka kamu akan di bawa ke halaman Daftar Blog seperti gambar di bawah ini:

Daftar Blog

Isilah Data-data sesuai yang anda inginkan, apabila anda sudah menyiapkan dari awal maka tinggal isi saja tidak perlu mikir lagi

Judul : Isi dengan Judul Blog yang Anda Inginkan, contoh : Cara Membuat Blog

Alamat : Isi dengan Alamat Blog anda nantinya, disarankan memakai nama yang mudah diingat dan enak dibaca. contoh digambar : buatblog-diblogger.blogspot.com maka cukup anda isikan buatblog-diblogger tanpa Blogspot.com, selanjutnya sistem akan mencari alamat itu tersedia atau tidak, kalau tesedia ditandai dengan tanda centang seperti gambar diatas.

Template : Pilih template awal yang ingin anda gunakan

Buat Blog : Selanjutnya klik Buat Blog

dan blog anda sudah jadi, langsung menuju ke halaman Home Blogger, seperti gambar di bawah ini:

cara daftar blog

Untuk masuk ke dashboard Blog sobat, klik judul Blog tersebut, Apabila langsung mau membuat/posting Artikel di blog klik logo Pensil diatas.

  • Masuk ke Dashboard blog

Setelah anda klik judul Blog maka akan dibawa ke halaman Dashboard blog sobat seperti gambar di bawah ini:

Cara membuat Blog

Keterangan :

Sekilas tentang menu-menu pada Dashboard Blog

  1. Lihat blog : untuk melihat tampilan Blog sobat
  2. Entri Baru : membuat postingan
  3. Ikhtisar : Melihat statistik hari ini pada blog
  4. Pos : melihat daftar postingan
  5. Laman : Melihat dan membuat laman atau Page
  6. Komentar : Mengelola komentar masuk
  7. Google+: Menyambungkan dengan google+
  8. Statistik : Melihat riwayat Blog
  9. Kampanye : mempromosikan Blog
  10. Tata Letak : mengatur tata letak tampilan Blog
  11. Template : mengelola template Blog
  12. Setelan : terdapat menu-menu buat menngatur Blog

Selain cara membuat blog di blogger, ada juga cara membuat blog di wordpress lengkap yang bisa anda baca di artikel ini  Cara Membuat Blog dengan mudah. 


Untuk penjelasan terperinci tentang Fungsi dan Kegunaan Menu-Menu pada Dashboard Blogger akan sudah saya bahas pada postingan selanjutnya. tentang Fungsi Dan Kegunaan Menu Pada Dashboard Blogger , Sekian tutorial Cara membuat Blog di Blogger dengan mudah dari kangazis.com semoga bermanfaat bagi Sobat yang ingin memulai berkarya di bidang blog sebagai seorang Blogger. Salam Blogger Indonesia.

Dapatkan update artikel lainya tentang Tips Trik Blogger Hanya Disini : Tips trik Blogger

Baca Juga
Posting Komentar